Selasa, 15 September 2015

SDN Gadang 1 Bersama Tiga SD di Kota Malang Raih Penghargaan Nasional



Kota Malang: Sebanyak tiga sekolah dasar di Kota Malang, meraih penghargaan nasional Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar di penghujung 2014. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kemendikbud No. 7123/C2/PD/2014,  "Tiga sekolah yang dimaksud yaitu SDN Rampalcelaket 2, SDN Pandanwangi I dan SDN Gadang I," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Senin (9/1).

SDN Rampalcelaket 2 meraih juara I Lomba Klub Olah Raga Sekolah Dasar, SDN Pandanwangi I Juara 2 Budaya Mutu Manajemen Berbasis Sekolah sedangkan SDN Gadang 1 Juara Harapan II Budaya Mutu Perpustakaan Sekolah. 

Dra. Umi Kepala SDN Rampacelaket 2 menjelaskan, “Penghargaan ini berkat kerja keras dan kerjasama anggota gugus. Para guru olah raga berupaya mewujudkan maju bersama meningkatkan kegiatan olah raga se gugus.” Hal senada diungkapkan Drs. Samsul Kepala SDN Pandanwangi 1. Karena kebersamaan antara sekolah dengan komite sekolah selama ini terjalin harmonis, saling mengisi dan sinergi dalam meningkatkan mutu sekolah, juri nasional memutuskan untuk memberi penghargaan. “Jadi bukan semata upaya saya sebagai kepala sekolah,” terangnya. 

Sedangkan SDN Gadang 1 meskipun sebagai harapan 2, “Ini merupakan hal yang luar biasa. SDN Gadang 1 tidak memiliki ruangan perpustakaan yang memadai, hanya ruang kelas yang dialihfungsikan sebagai ruang perpustakaan, “ terang Jupri, M.Pd. Kepala SDN Gadang 1. “Namun karena pengelolaan manajemen dan minta baca yang tinggi dari para siswa dan guru, sekolah ini dinyatakan layak mendapat penghargaan, setelah bersaing dengan perpustakaan sekolah di 33 propinsi di Indonesia.” Imbuhnya.

Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional baru pertama kali diadakan. “Hal ini dimaksudkan untuk memacu semangat dan meningkatkan serta membiasakan mutu sekolah menjadi nafas dari lembaga pendidikan demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik,” Kata Prof. Ibrahim Bafadal dalam pidato menjelang pemberian penghargaan. Penyelenggaraan Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tahun 2014 Tingkat Nasional diselenggarakan di Surabaya mulai tanggal 10-13 November 2014. Rencana tahun 2015 grand final dilaksanakan di Padang Sumatera Barat. Ada 7 jenis lomba yang dilaksanakan, yaitu Lomba Sekolah Berbudaya Mutu (LSBM), Budaya Mutu Pembelajaran Intrakurikuler (BM PI), Budaya Mutu Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni (BM PES), Budaya Mutu Perpustakaan Sekolah (BM PS), Budaya Mutu Sekolah Bersih Sehat (BM SBS), Budaya Mutu Manajemen Berbasis Sekolah (BM MBS) dan Klub Olah Raga Sekolah Dasar. Tiap lomba dilaksanakan berjenjang mulai dari tingkat Kota/Kabupaten, Propinsi dan Nasional (Jpr).

0 komentar:

Posting Komentar